Beranda » Religi » Keutamaan Masjidil Haram Bagi Umat Islam
Keutamaan Masjidil Haram

Keutamaan Masjidil Haram

Keutamaan Masjidil Haram Bagi Umat Islam

Masjidil Haram dikenal sebagai Masjid Agung Makkah, sebuah masjid yang mengelilingi Ka’bah di Makkah, Arab Saudi. Area Masjidil Haram sangat luas, dan luasnya saat ini lebih dari 750.00 m2 dan mampu menampung sekitar dua juta jamaah sholat.

Keutamaan Masjidil Haram ialah terdapat Ka’bah, halaman untuk sholat, dan tempat thawaf. Semua bagian-bagian yang ada di dalam Masjidil Haram ini tidak terpisahkan, dan memiliki 10.000 kali lipat keutamaan dibandingkan dengan sholat di masjid lainnya.

Berbagai keutamaan Masjidil Haram ini sangat memotivasi jamaah haji maupun umroh untuk mendatangi masjid tersebut. Di tengah-tengah Masjidil Haram juga terdapat bangunan Ka’bah yang dibangun oleh Nabi Ibrahim AS.

Setiap umat muslim boleh mengunjungi Ka’bah, dan orang-orang yang menetap di sekitar Ka’bah disebut tetangga Allah (Jiwarullah), sedangkan orang yang hanya berkunjung atau biasa disebut jamaah haji dan umroh disebut tamu Allah (Dhuyufullah).

Baca Juga : Keutamaan Malam Nisfu Sya’ban

Di Masjidil Haram terdapat tempat mustajab untuk berdo’a, yakni berada di Multazam yang lokasinya antara Hajar Aswad dan pintu Ka’bah. Umat muslim bisa berdo’a kapanpun selagi masih berada ditempat tersebut, yang terkadang padat pengunjung, dan terkadang juga  sepi. Tidak ada batasan waktu untuk kamu yang ingin berdo’a di lokasi tersebut.

Tentunya tidak hanya tempat mustajab untuk berdo’a, Masjidil Haram di Makkah juga memiliki banyak keistimewaan lain yakni nilai pahala luar biasa yang tidak mampu dihitung oleh manusia.

Keutamaan Masjidil Haram Serta Pahala Sholat di Tempat Suci Tersebut

 Keutamaan Masjidil Haram yang satu ini ialah memiliki nilai pahala yang lebih utama dibandingkan dengan masjid-masjid biasa lainnya.

 Do’a Ketika Hendak Memasuki Masjidil Haram

Dari Jabir, Rasulullah SAW bersabda :

“Shalat di masjidku (Masjid Nabawi) lebih utama dari pada 1000 sholat di masjid lainnya selain Masjidil Haram. Sholat di Masjidil Haram lebih utama daripada 100.000 sholat di masjid lainnya.” (HR. Ahmad dan Ibnu Majah).

Karena Masjidil Haram memiliki keutamaan dan keistimewaan dibanding masjid lainnya, maka dianjurkan untuk membaca do’a ini sebelum masuk ke dalam  masjid suci ini, berikut do’anya:

اَللّٰهُمَّ أَنْتَ السَّلَامُ وَمِنْكَ السَّلَامُ فَحَيِّنَا رَبَّنَا بِالسَّلَامِ وَأَدْخِلْنَا الْجَنَّةَ دَارَالسَّلَامَ تَبَارَكْتَ وَتَعَالَيْتَ يَا ذَاالْجَلَالِ وَاْلإِكْرَامِ. اَللّٰهُمَّ افْتَحْ لِيْ أَبْوَابَ رَحْمَتِكَ وَمَغْفِرَتِكَ وَأَدْخِلْنِيْ فِيْهَا. بِسْمِ اللهِ وَالْحَمْدُ ِللهِ وَالصَّلَاةُ وَالسَّلَامُ عَلٰى رَسُوْلِ اللهِ

Artinya : “ Ya Allah engkau sumber keselamatan, dan dariMU lah datangnya keselamatan itu semua. Maka sambutlah kami wahai Tuhan dengan selamat sejahtera dan masukanlah kami kedalam surga negeriMU yang bahagia Maha Pemberi berkat dan Maha Tinggi lah Engkau wahai Tuhan yang punya keagungan dan kehormatan. Ya Allah bukakanlah untukku pintu rahmat dan ampunan, masukkanlah aku ke dalam Ampunanmu. Dengan nama Allah dan segala puji bagi Allah shalawat dan salam untuk Rasulullah.”

Ketika baru sampai di Masjidil Haram juga dianjurkan untuk membaca do’a menurut Syeikh Ali Jum’ah, yakni sebagai berikut:

اللَّهُمَّ زِدْ هَذَا البَيْتَ تَشْريفًا وَتَعْظِيمًا وَتَكْرِيمًا وَمَهَابَةً، وَزِدْ من شَرَّفَهُ وكَرمَهُ مِمَّنْ حَجَّه أو اعْتَمَرَه تَشْرِيفًا وَتَكْرِيمًا وَتَعْظِيمًا وَبِرًّا

Arinya : “ Ya Allah tambahkanlah kemuliaan, keagungan, kehormatan dan anugerah untuk Masjidil Haram ini. Serta tambahkanlah kemuliaan, kehormatan, keagungan dan kebaikan kepada orang yang memuliakan Masjidil Haram ini, baik mereka yang melakukan haji maupun umroh.”

Do’a masuk Masjidil Haram ini sebaiknya jangan lupa membacanya ketika hendak masuk ke dalam masjid, karena bisa saja menjadi kesempatan sekali seumur hidup, sehingga jangan sampai terlewat untuk mendapatkan pahala sebanyak-banyaknya.

Tanda-tanda Keagungan Yang Terdapat Dalam Masjidil Haram

Dan diantara keutamaan Masjidil Haram yang lainnya ialah dengan adanya tanda-tanda keagungan yang terdapat di dalamnya. Dan diantara tanda yang lainnya adalah keamanan Masjidil Haram sepanjang masa, sejak zaman Jahiliyah orang-orang banyak saling membunuh, berbuat aniaya, merampas kecuali di Masjidil Haram.

Demikian penjelasan mengenai keutamaan Masjidil Haram bagi umat muslim, semoga artikel yang kami buat bermanfaat dan dapat membantu para pembaca untuk mengetahui lebih dekat lagi mengenai informasi Masjidil Haram di kota Makkah.

Baca juga : Bagian-bagian Ka’bah yang harus kamu ketahui sebagai umat muslim

 

 

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Belum ada komentar

Silahkan tulis komentar Anda

Email Anda tidak akan dipublikasikan. Kolom yang bertanda bintang (*) wajib diisi.

Komentar Anda* Nama Anda* Email Anda* Website Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.