Beranda » Travel » 7 Rekomendasi Makanan Khas Turki Yang Wajib Untuk Kamu Coba
Makanan Khas Turki

Makanan Khas Turki

Rekomendasi Makanan Khas Turki 

Tidak hanya Indonesia yang memiliki banyak sekali aneka ragam makanan. Negara ini juga memiliki banyak tempat wisata dan tentunya makanan khas yang tidak boleh dilewatkan ketika kamu berlibur ke Turki.

Turki juga merupakan negara yang menjadi pilihan bagi para wisatawan penduduk Indonesia dan makanan yang ada di Turki dianggap cocok di lidah semua orang, terutama bagi warga negara Indonesia.

Tidak hanya penduduk Indonesia saja, tetapi penduduk negara-negara bagian Eropa juga sangat menyukai berbagai macam makanan khas Turki. Secara umum, biasanya makanan Turki akan didominasi oleh bahan baku daging yang diimbangi dengan menggunakan berbagai macam jenis sayuran juga jumlahnya yang banyak dan bumbunya juga mengandung cukup banyak rempah-rempah khas sama seperti makanan India dan Indonesia.

Baca juga : Persiapan apa saja yang harus kamu lakukan sebelum pergi liburan

Berikut ini ada 5 rekomendasi makanan khas Turki yang wajib untuk kamu coba ketika sedang berlibur ke Negara Turki.

1. Baklava

Baklava

Baklava

Makanan khas Turki yang pertama ialah Baklava. Buat kamu yang suka dengan makanan manis, kamu wajib mencicipi Baklava khas Turki ini. Bentuknya kotak-kotak kecil dan berlapis-lapis juga teksturnya yang empuk, kriuk bagian luarnya serta creamy pada bagian dalam. Sehingga sekali gigitan, rasa manis yang ada pada makanan ini akan langsung meluber ke mulutmu.

Baklava terbuat dari adonan tepung tipis berlapis dan terdapat isi di dalamnya, isinya juga sederhana, biasanya kacang-kacangan, (pistachios, walnut atau hazelnuts) dan sirup manis yang khas. Biasanya sirup ini terbuat dari gula, air, perasan lemon sehingga kaya akan cita rasanya.

2. Pide

Pide

Pide

Pide merupakan makanan khas Turki yang bentuknya menyerupai pizza dengan toping yang bervariasi. Namun berbeda dengan pizza pada umumnya yang berbentuk bulat, Pide ini merupakan makanan yang mempunyai bentuk unik yaitu dilipat dan memanjang sehinga bentuknya sama seperti daun.

Pide sendiri merupakan roti pipih yang dipanggang didalam oven dengan proses memasaknya menggunakan cara tradisional yakni dengan kayu bakar. Pide juga dilengkapi dengan berbagai toping, seperti daging domba cincang, telur, pertami, keju dan sayuran.

3. Kebab

Kebab

Kebab

Makanan khas Turki yang satu ini wajib untuk kamu coba ketika berlibur ke Turki. Karena jika membicarakan kebab, pasti yang terlintas dipikiran kita adalah negara Turki. Dan siapa yang tidak mengenal makanan satu ini? makanan Turki yang satu ini sudah mendunia, bahkan di Indonesia kebab ini sudah bertebaran.

Kebab Turki ini cukup menyehatkan, karena tidak terlalu banyak menggunakan saus dan mayonaise untuk bumbu di dalamnya. Kebab sendiri merupakan  irisan daging kambing, domba, ataupun sapi yang telah dibumbui dan dipanggang, kemudian ditambahkan sayuran, seperti irisan tomat, jamur, bawang bombay, selada, saus sambal dan digulung  di dalam roti pita yang gurih.

4. Biber Dolma

Biber Dolma

Biber Dolma

Makanan khas Turki yang satu ini sepertinya jarang ditemui di Indonesia, hal ini karena bahan utamanya menggunakan paprika. Bentuknya mirip dengan tahu isi, hanya saja alih-alih menggunakan tahu sebagai kulitnya, namun menggunakan paprika.

Isinya juga beragam, mulai dari bawang, nasi, kacang-kacangan, tomat, gula dan berbagai rempah-rempah pilihan. Cara pembuatannya juga cukup mudah, kamu tinggal menghilangkan isi tengahnya paprika, kemudian kamu tinggal memasukkan isinya ke bagian tengah paprika menggunakan bahan-bahan yang sudah disiapkan tadi.

Untuk memasaknya juga cukup mudah, cukup kukus dengan menggunakan panci tertutup, diamkan selama beberapa menit sampai warna dan teksturnya berubah menjadi lembut. Cita rasanya yang beragam, mulai dari manis, pahit dan pedas tergantung jenis paprika nya.

5. Kokoretsi

Kokoretsi

Kokoretsi

Makanan khas Turki merupakan makanan yang terbuat dari bahan dasar daging. Daging yang biasanya digunakan adalah daging domba atau daging kambing yang diolah bersamaan dengan jeroannya. Kokoretsi atau kokorek ini juga bisa menggunakan usus kambing atau domba.

Cara pembuatannya adalah dengan mencampurkan daging dengan bumbu yang terbuat dari minyak zaitun, lada, garam, oregano dan perasan lemon.

Untuk kokoretsi yang dibuat dengan usus domba atau kambing, usus digunakan untuk membuntel jeroannya hingga tertutup kemudian dibakar diatas bara api atau alat pemanggang. Biasanya, makanan ini akan disajikan dengan menggunakan roti baguette yang diberikan taburan oregano dan juga paprika.

Demikian pembahasan tentang makanan khas Turki, semoga artikel yang kami buat bermanfaat dan dapat membantu para pembaca untuk mengetahui lebih jelas lagi mengenai negara Turki.

Baca juga : Rekomendasi tempat liburan di negara Eropa yang wajib untuk dikunjungi

 

# Bagikan informasi ini kepada teman atau kerabat Anda

Kontak Kami

Apabila ada yang ditanyakan, silahkan hubungi kami melalui kontak di bawah ini.